senam wajah agar awet muda

Olahraga senam sudah tidak asing bagi sebagian orang. Tapi apakah Anda mengetahui cara senam wajah agar awet muda?

Ya, benar sekali! Tidak hanya bagian tubuh seperti kaki dan tangan saja yang dapat melakukan olahraga senam. Wajah juga menjadi bagian dari olahraga tersebut. Khususnya bagi Anda yang memang memiliki garis kerutan dan kulit kendur.

Melakukan olahraga senam wajah mampu merangsang otot wajah menjadi lebih kencang sehingga beberapa bagian lain bisa merasakan manfaatnya. Untuk mengetahui cara senam wajah, yuk simak tips dari Jakarta Aesthetic Clinic di bawah ini.

Manfaat Senam Wajah Agar Awet Muda

Otot wajah memang harus dilatih dalam jangka waktu tertentu. Otot wajah yang dilatih dapat membuat pipi lebih kencang dan wajah menjadi langsing. 

Banyak orang memang lupa bahwa sebenarnya wajah memiliki otot-otot yang harus dilatih. Bahkan olahraga senam wajah ini termasuk terdalam bagian yoga wajah atau facelift alami.

Sudah pasti ada alasan khusus mengapa senam wajah disebut sebagai facelift alami. Namun Anda jangan sampai mengira bahwa senam wajah dapat memberikan hasil yang instan. Apapun jenis olahraganya, semua membutuhkan konsistensi untuk melihat dampak positifnya. Begitu juga dengan senam wajah.

Melakukan senam wajah yang memiliki lebih dari 50 otot ini dapat memperkuat dan mengencangkan kulit Anda. Selain itu manfaat lainnya adalah wajah Anda terlihat lebih bugar dalam jangka panjang. Aliran darah juga lebih lancar untuk memasok sel-sel kulit Anda dengan nutrisi.

Pemenuhan nutrisi hingga oksigen tambahan menciptakan regenerasi sel kulit yang tepat. Oleh karena itu, mari sambut kulit yang lebih sehat dengan mengikuti beberapa cara senam wajah ini.

1. Lakukan Pemanasan

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam olahraga adalah pemanasan. Hal ini juga perlu dilakukan ketika ingin senam wajah. Anda bisa melakukan pemanasan dengan gerakan mencibir atau seperti sedang melet. 

Perlu diingat untuk menjaga lidah dalam posisi yang pas dan tepat di mulut. Semakin besar getaran tiupannya, maka efeknya juga lebih besar. Lakukan langkah ini setiap ingin memulai senam wajah. Bahkan dapat digunakan pula untuk mengurangi kadar stres yang menyerang.

2. Gerakan Meniup

Sekarang waktunya melakukan gerakan meniup. Anda harus mengambil tarikan nafas dalam sebelum menghembuskannya. Pastikan pipi Anda terlihat mengembang pada sisi kiri dan kanan layaknya ikan buntal.

Lakukan langkah ini sebanyak empat hingga lima kali hingga merasa bahwa otot-otot di pipi mulai mengencang. Itu merupakan pertanda bahwa senam wajah Anda mulai memberikan efek positif.

3. Perhatikan Double Chin

Hampir semua orang memiliki double chin. Ada yang tidak mempermasalahkannya, tapi ada juga yang ingin menghilangkannya. Untuk mulai menghilangkan lemak yang tidak diinginkan di bagian rahang dan dagu, Anda dapat mengerutkan bibir. Kemudian putar kepala ke satu sisi. 

Selanjutnya angkat kepala hingga merasakan peregangan di leher. Tahan posisi ini selama beberapa detik lalu berpindah ke sisi satu lagi. Ulangi sebanyak tiga kali agar efeknya semakin terasa.

Baca juga: 6 Gerakan Ini Efektif Menghilangkan Double Chin, Lho!

4. Fokus ke Leher

Untuk bagian leher, miringkan kepala Anda ke belakang secara perlahan. Kerutkan bibir Anda beberapa kali lalu tonjolkan bibir bawah. Pasti akan mulai terasa ketegangan dari otot-otot leher. 

Anda bisa mendekatkan kepala ke bagian dada lalu tarik nafas secara dalam untuk mengulangi langkah ini sebanyak tiga kali. 

5. Kencangkan Mata

Dalam langkah mengencangkan mata, Anda bisa meletakkan jari tangan secara horizontal di bawah garis mata dan di atas tulang pipi. Jari tangan yang dimaksud adalah jari telunjuk di bawah mata, sedangkan jari kelingking ada di bawah tulang pipi.

Sekarang waktunya menekan tangan Anda untuk menahan otot wajah. Julingkan mata sambil meremas pipi ke arah mata menggunakan jari telunjuk, tengah, manis, dan kelingking. Tahan selama lima detik lalu ulangi sebanyak tiga hingga lima kali.

Baca juga: 4 Langkah Mengencangkan Kulit Mata di Bawah Mata

6. Pijat Bagian Dahi

Bagian dahi juga perlu dipijat. Anda dapat melakukan hal yang sama seperti cara nomor lima. Sedangkan untuk sisa otot di bagian wajah, coba julingkan mata, kerutkan bibir, dan letakkan dagu di bagian dada. Tahan posisi ini selama lima detik.

Sisa bagian mulut yang dapat Anda buka secara lebar sambil mengangkat alis mata. Tahan posisi ini selama lima detik dan ulangi gerakan sebanyak tiga hingga lima kali.

Dengan mengikuti cara senam wajah agar awet muda yang telah diberikan di atas, otot wajah Anda semakin kencang dan membuatnya terlihat lebih segar juga.
Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat untuk Anda. Jakarta Aesthetic Clinic selalu memberikan solusi perawatan kulit wajah terbaik untuk Anda dengan berbagai perawatan, termasuk Anti-Wrinkle Injection. Hubungi kami segera untuk merasakan perawatan wajah dari dokter estetika dan para ahli di Jakarta Aesthetic Clinic.

Sumber:

https://www.foreo.com/mysa/look-younger-naturally-with-face-yoga-exercises/

https://www.thehealthy.com/beauty/anti-aging/facial-exercises-look-younger/

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.