4 Tips Menguruskan Badan untuk Anda yang Hobi Makan

Tips Menguruskan Badan

Ada banyak sekali cara mencapai berat badan ideal dan tips menguruskan badan yang beredar di internet. Mulai dari hanya makan dua kali sehari, minum banyak air putih, tidak meninggalkan sarapan pagi, bahkan ada cara yang mengatakan untuk menggunakan piring kecil ketika makan. Cara tersebut bukan hal yang salah, tetapi secara habit atau kebiasaan, itu akan membuat Anda tersiksa.

Di dalam artikel kali ini, kami akan mencoba merangkum bagaimana tips untuk menguruskan badan bagi Anda yang hobi makan. Apa saja tips tersebut dan apakah tips menurunkan berat badan di bawah ini masuk akal untuk dilakukan? Simak, ya!

4 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Efektif

Menurunkan berat badan tidak harus menyiksa. Ternyata, ada empat cara ampuh yang bisa Anda terapkan untuk membuat berat badan turun.

1. Kurangi Asupan Gula

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi asupan gula dan karbohidrat. Apabila Anda memiliki kebiasaan makan dan minum yang manis-manis, Anda bisa mulai mengurangi kebiasaan ini.

Gula adalah salah satu faktor yang membuat badan Anda menjadi lebih berat daripada sebelumnya. Gula mempunyai kandungan kalori yang cukup tinggi. Sebagai bayangan, dalam dua sendok makan sirup saja sudah terdapat 120 kalori. Selain itu, kandungan protein yang ada di dalam gula juga akan membuat Anda mudah lapar.

Nah, jadi mengurangi konsumsi makanan kaya gula bisa membantu proses penurunan berat badan. Untuk memulai, Anda tidak perlu menghindari gula secara total. Justru melakukan hal tersebut malah hanya akan meningkatkan nafsu makan Anda untuk makanan dan minuman manis.

Mulailah dengan langkah-langkah kecil. Misalnya, apabila Anda terbiasa makan kue setiap hari, cobalah membatasinya menjadi hanya dua atau tiga kali dalam seminggu. Atau apabila Anda suka minum kopi kekinian setiap pagi, cobalah memesan kopi hitam tanpa gula sebagai gantinya. Perlahan-lahan, asupan kalori dari gula pun akan berkurang dan proses penurunan berat badan pun akan menjadi lebih cepat.

Baca juga: Diet Telur dan Sayur, Apakah Efektif Turunkan Berat Badan?

2. Kurangi Mengonsumsi Karbohidrat Sederhana

Sama halnya dengan gula, karbohidrat sederhana juga akan membuat Anda cepat gemuk. Karbohidrat memang merupakan sumber energi utama bagi tubuh, tetapi karbohidrat sederhana seperti yang terkandung dalam nasi dan mie justru bisa menjadi lemak di dalam tubuh. Karbohidrat sederhana seperti nasi tidak akan membuat Anda kenyang dalam jangka waktu yang lama. Akibatnya, Anda jadi lebih cepat lapar dan malah meningkatkan nafsu makan Anda, membuat Anda mengonsumsi porsi makan yang lebih besar.

Untuk membantu tubuh Anda merasa lebih kenyang lebih lama, disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan sumber karbohidrat kompleks yang akan memberi energi lebih banyak dan tidak membuat Anda cepat lapar, seperti oatmeal, kacang-kacangan, dan roti gandum.

Ketika Anda sudah mulai mengurangi asupan karbohidrat sederhana, pada minggu pertama dan minggu kedua adalah saat-saat terberat. Pastikan lingkungan dan teman terdekat Anda juga mendukung hal tersebut.

Baca juga: Hindari 8 Makanan yang Bikin Gemuk Ini Agar Bisa Langsing 

3. Menjalani Pola Makan Sehat

Nah, pasti Anda bingung apa yang harus dimakan ketika tidak diperbolehkan mengonsumsi gula atau karbohidrat dalam jumlah banyak. Jawabannya adalah Anda bisa mengganti dengan makanan yang mengandung protein, lemak, dan juga sayuran. Silahkan konsumsi makanan yang mengandung protein akan membuat perut Anda cepat kenyang dan tidak gampang lapar. Salah satu makanan dengan kandungan protein yang disarankan adalah daging sapi, daging ayam, ikan, dan telur.

Lalu, untuk makanan yang mengandung lemak adalah gabungan telur dan sayuran, kentang, roti, dan daging. Anda bisa mengombinasikan beberapa bahan makanan tersebut menjadi sarapan atau makan siang yang sangat lezat. Kemudian Anda juga bisa mengonsumsi berbagai buah dan sayur seperti apel, jeruk, pisang, brokoli, tamat, kol, kubis, selada, dan masih banyak lagi. Daftar makanan tersebut memang terlihat “mahal”, tetapi sebenarnya jika Anda bisa menemukan resep yang tepat, itu akan memudahkan Anda untuk bisa memulai hidup sehat.

Baca juga: Rekomendasi Menu Diet Buah dan Sayur yang Nikmat

4. Berolahraga Setidaknya 2-3 Kali Seminggu

Setelah Anda konsisten untuk melakukan kedua hal di atas, sekarang saatnya memperbaiki kondisi di dalam tubuh dengan cara berolahraga. Salah satu manfaat besar berolahraga adalah membakar lemak di dalam tubuh. Jadi, usahakan Anda berolahraga setidaknya 2-3 kali dalam seminggu dengan minimal durasi 30 menit per sesi.

Tidak hanya demikian, dengan berolahraga, Anda juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh Anda, bahkan saat Anda beristirahat. Jadi, secara perlahan, Anda bisa membakar kalori dan lemak berlebih dari tubuh Anda dalam kadar yang lebih besar.

Waktu terpenting saat berolahraga adalah di hari minggu. Kemudian, untuk dua hari sisanya, Anda bisa memilih di pagi hari sebelum beraktivitas atau sore hari setelah Anda selesai melakukan aktivitas. Pilih olahraga yang Anda senangi, misalnya berenang, yoga, atau berlari.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Lemak di Paha

Itulah empat cara sederhana untuk tips menguruskan badan walaupun Anda hobi makan. Walaupun terlihat sangat berat, Anda bisa melakukannya dengan sedikit demi sedikit. Kurangi asupan gula pertama kali dari minuman, kemudian bergerak ke makanan. Setelah itu, Anda bisa mulai berolahraga setiap akhir pekan. Semoga sukses!

Sumber:

  • Bethari Taya. 25 September 2017. 15 Cara Menurunkan Berat Badan secara Alami dengan Cepat. https://www.merdeka.com/sehat/15-cara-menurunkan-berat-badan-secara-alami-dengan-cepat-kln.html
  • Yemima Hutapea. 25 September 2018. 10 Cara untuk Menurunkan Berat Badan dalam Seminggu!. https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/9/2018/14736/10-cara-untuk-menurunkan-berat-badan-dalam-seminggu
  • Fimela. 23 Maret 2018. Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan secara Alami. https://www.fimela.com/beauty-health/read/3779180/cara-menurunkan-berat-badan-dengan-cepat-dan-secara-alami
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Mei 31, 2022
Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Mei 31, 2022
Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Mei 30, 2022

Comments are closed.