mengencangkan kulit dahi

Jangan salah sangka, adanya garis halus dan kerutan di dahi, tidak hanya dialami oleh mereka yang lanjut usia, melainkan yang masih muda pun dapat mengalaminya. Keberadaan garis halus dan kerutan di dahi dapat membuat Anda tampak lebih tua dan menurunkan kepercayaan diri Anda.

Sebenarnya, apa yang menyebabkan munculnya kerutan di dahi? Dan apa saja yang bisa Anda lakukan untuk dapat menghilangkan kerutan di dahi Anda?

Faktor Pemicu Kerutan di Dahi

Kerutan di Dahi

Berikut ini faktor-faktor pemicu munculnya kerutan di dahi:

1. Stres

Stres adalah sebuah tekanan yang dapat mengakibatkan terganggunya banyak hal, tidak hanya kesehatan, tetapi bisa juga penampilan Anda. Seseorang yang mengalami stres biasanya akan terlihat lebih tua. Tidak hanya demikian, stres juga bisa menyebabkan turunnya elastisitas kulit dan kemudian menimbulkan kerutan di dahi.

2. Efek Kosmetik

Kosmetik, apalagi bagi kaum hawa, tentunya adalah sebuah senjata untuk meningkatkan penampilan serta kepercayaan diri. Namun, jangan salah, Anda harus berhati-hati dan membatasi pemakaian kosmetik demi mencegah penuaan dini karena bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Biasanya salah satu efek yang akan ditimbulkan dari pemakaian kosmetik yang salah adalah munculnya kerutan halus di wajah cantik Anda, terutama dahi. Oleh karena itu, simak artikel berikut sampai selesai, karena di bagian akhir Anda akan menemukan info bermanfaat yakni tips untuk mengencangkan kulit dahi yang efektif untuk dipraktekkan.

Baca juga: Teknologi Terkini Mengencangkan Kulit

3. Sinar Matahari

Jangan salah, paparan sinar matahari ternyata dapat membawa dampak buruk bagi kulit Anda, karena paparan sinarnya mampu merusak jaringan. Oleh karena itu, disarankan untuk memakai pelindung jika Anda beraktivitas di bawah paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama.

Perlindungan tabir surya ini penting untuk menjaga kelembaban kulit, sehingga tidak membuatnya mengalami penuaan dini, yang kemudian tampak dari berbagai kerutan yang bisa saja terjadi. Kulit yang kering tentu akan mudah mengalami keriput, dan tentunya Anda tidak menginginkan hal ini bukan?

Baca juga: Jam yang Baik untuk Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Tips Menghilangkan Kerutan dengan Alami

Setelah tadi membahas faktor-faktor pemicu, maka sekarang saatnya memilih solusi apa yang bisa dilakukan untuk mengencangkan kulit dahi wajah cantik Anda. Berikut beberapa cara yang bisa ditempuh, dan sudah banyak yang membuktikan keefektifan cara ini.

1. Yoga Wajah

menghilangkan kerutan di dahi dengan yoga wajah

Anda tentu pernah mendengar kalau yoga baik untuk kesehatan. Nah, ternyata tidak hanya itu manfaatnya. Bagaimana dengan yoga wajah? Ternyata yoga wajah baik untuk mengencangkan kulit dahi sehingga berdampak baik pada penampilan.

Cara yang biasanya dilakukan untuk yoga wajah adalah gerakan menaik-turunkan alis sejauh yang Anda bisa selama beberapa menit secara teratur. Menggunakan otot-otot wajah ini tentu akan baik untuk kelancaran peredaran darah sehingga kulit akan lebih kencang.

Baca juga: Cara Mengencangkan Kulit Yang Keriput Secara Alami

2. Memijat Wajah

menghilangkan kerutan di dahi dengan memijat wajah

Memijat wajah juga diyakini sebagai cara yang ampuh untuk membantu mengurangi garis kerutan kulit dahi. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memijat wajah Anda:

  1. Anda dapat memijat dahi dengan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah. Lakukan gerakan memutar, mulai dari telinga sampai ke bagian leher, lalu pindah ke bagian mata. Lakukan gerakan ini secara teratur sampai beberapa kali sehingga hasilnya maksimal.
  2. Tarik dahi ke atas dengan kedua tangan Anda. Ulangi hingga 10 x, kemudian tarik ke arah samping dan ulangi  gerakan tersebut dengan jumlah yang sama.

3. Menggunakan Masker Tomat

Menggunakan Masker Wajah Tomat untuk Mengencangkan Kulit Dahi

Banyak bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk bahan perawatan kulit yang praktis. Dan bahan-bahan alami yang Anda pilih biasanya mengandung antioksidan dan vitamin yang nantinya akan memberikan nutrisi yang baik pada kulit. Nutrisi tersebut sangat diperlukan kulit sehingga masker tersebut jika dipakai dengan rutin akan mampu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan di dahi.

Bahan alami yang dapat Anda coba adalah tomat. Tomat mengandung likopen yang akan membantu Anda melawan radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, tomat juga memiliki sifat astrigent sehingga bisa mengecilkan pori-pori dan membantu mengencangkan kulit dahi Anda. Cara menggunakannya yaitu dengan mengiris tomat tipis-tipis dan tempelkan di wajah yang telah bersihkan. Diamkan ± 15 menit dan bilas menggunakan air hingga bersih.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Tomat Secara Alami

4. Menggunakan Masker Minyak Zaitun

Masker Minyak Zaitun untuk Mengurangi Kerutan di Dahi

Selanjutnya adalah masker dari minyak zaitun atau minyak kelapa. Telah diketahui sejak lama bahwa minyak zaitun memiliki kandungan anti-oksidan, vitamin A, D, E dan K sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit dahi Anda.

Berikut ini cara untuk menggunakan minyak zaitun sebagai masker. Cuci muka hingga bersih, selanjutnya ambil minyak zaitun setengah sendok teh dan oleskan ke seluruh wajah atau dahi Anda. Pijat secara perlahan ± 5 menit dengan minyak zaitun, dan biarkan menempel selama Anda tidur.

5. Menggunakan Masker Lidah Buaya

Menggunakan Masker Lidah Buaya untuk Mencangkan Kulit Dahi

Selain tomat dan minyak zaitun, Anda juga dapat memanfaatkan lidah buaya. Lidah buaya dapat Anda kombinasikan dengan timun untuk melembabkan dan mengencangkan kulit dahi Anda. Perpaduan bahan alami ini sangat bagus karena dapat menutrisi kulit agar sehat dan tampak awet muda.

Caranya potong-potong lidah buaya dan timun, lalu masukkan ke dalam blender untuk dihaluskan. Tambahkan sedikit air. Oleskan ke dahi atau wajah dan diamkan ± 20 menit. Terkahir cuci bersih wajah Anda menggunakan air hangat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Minyak Zaitun yang Mudah dan Alami

6. Berhenti Merokok

Mengencangkan kulit dengan berhenti merokok

Ada banyak alasan untuk berhenti merokok, salah satunya karena masalah kesehatan kulit. Merokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh tapi dapat membuat kulit wajah menjadi kendur dan berkerut.

Hal ini diperkuat dalam penelitian berjudul Tobacco Smoke Causes Premature Skin Aging yang dilakukan oleh Morita pada tahun 2008, menyatakan bahwa bahan kimia dalam asap tembakau dapat mengurangi produksi kolagen dan merusak elastisitas kulit, yang menyebabkan penuaan dini dan kerutan.

Jadi, tunggu apalagi sekarang waktunya Anda berhenti merokok!

7. Memperhatikan Makanan dan Minuman

Menghilangkan Kerutan di Dahi dengan Konsumsi Makanan Bergizi

Kecantikan kulit terpancar dari dalam, merupakan kata yang tepat untuk menggambar solusi yang satu ini. Oleh karena itu, mengencangkan kulit dahi haruslah seimbang luar dan dalam.

Jauhilah junk food karena memiliki kandungan gizi yang kurang. Demi kesehatan kulit dahi, lebih baik Anda mencari dan mengonsumsi makanan yang kaya anti-oksidan, seperti pisang atau jeruk, dan buah naga.

Selain itu, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan air harian Anda, karena kulit yang terhidrasi akan tetap terjaga kelembabannya sehingga tidak kering dan kusam.

Baca juga: Apa Saja Pantangan Makanan untuk Wajah Berjerawat

8. Kelola Stres

Mengelola Stres untuk Mengencangkan Kulit

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa stres dapat menjadi salah satu faktor pemicu kerutan di dahi. Hal ini karena hormon kortisol yang dikeluarkan tubuh pada saat stres dapat mengurangi produksi kolagen.

Ada banyak cara mengelola stres, diantaranya dengan berolahraga rutin. Selain itu, Anda juga dapat membaca buku, karena para peneliti telah menemukan bahwa membaca buku selama 30 menit dapat mengurangi tingkat stres yang sama efektifnya dengan yoga dan humor.

9. Perawatan Wajah Profesional

Ultherapy sebagai Perawatan Wajah untuk Mencencangkan Kulit Dahi

Cara mengencangkan kulit dahi yang terakhir adalah dengan melakukan perawatan wajah profesional. Anda yang tidak ingin mengambil risiko besar seperti mendapatkan rasa sakit sakit ataupun perih maka Anda harus datang ke klinik kecantikan yang tepat.

Baca juga: Apa Itu Ultherapy yang Menjadi Salah Satu Perawatan Kulit Paling Populer

Jakarta Aesthetic Clinic misalnya, menyediakan prosedur Ultherapy yang merupakan rahasia peremajaan kulit modern. Ultherapy  bertujuan mengencangkan kembali kulit yang kendur dan tipis akibat penuaan, termasuk kulit dahi Anda. Solusi cerdas mengatasi kerutan di dahi tanpa melalui proses bedah dan suntik dengan hasil yang terlihat begitu alami.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, proses yang tidak sakit dan bisa menghasilkan produksi kolagen secara alami dan efektif, serta tim dokter ahli yang profesional yang memiliki pengalaman dan sertifikat internasional menjadikan treatment Ultherapy di Jakarta Aesthetic Clinic sebagai pilihan yang paling tepat untuk Anda.

Sumber:

  • https://www.halodoc.com/artikel/6-cara-menghilangkan-kerutan-di-dahi
  • https://www.orami.co.id/magazine/cara-menghilangkan-kerutan-di-dahi/
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/forehead-wrinkles#lifestyle-changes
  • https://www.insider.com/guides/beauty/forehead-wrinkles
  • Morita, Akimichi. (2008). Tobacco Smoke Causes Premature Skin Aging. J Dermatol Sci 48:169-175. Journal of dermatological science. 48. 169-75. 10.1016/j.jdermsci.2007.06.015.
  • Rizzolo, Denise & Zipp, Genevieve & Simpkins, Susan & Stiskal, Doreen. (2009). Stress Management Strategies For Students: The Immediate Effects Of Yoga, Humor, And Reading On Stress. Journal of College Teaching and Learning,. 6. 79-88. 10.19030/tlc.v6i8.1117.
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.