Penting! Ini Dia Urutan Pemakaian Skin Care yang Benar!

Urutan Pemakaian Skin Care yang Benar

Semakin mudahnya Anda mengakses informasi yang ada tentang perawatan wajah dan berbagai produk skin care, tentu akan menambah rasa penasaran bagaimana cara agar kulit wajah cantik alami. Mulai dari membeli produk perawatan skin care yang mahal, terkenal, sampai lengkap dari krim pagi sampai krim malam. Namun, apakah Anda tahu bahwa ternyata menggunakan skin care itu ada urutan atau tahapan yang benar?

Jika Anda sekarang mulai getol menggunakan skin care, kali ini akan dibahas bagaimana sebenarnya urutan pemakaian skin care yang benar. Manfaatnya tentu banyak sekali, yaitu Anda tidak sia-sia ketika membeli produk skin care, manfaat yang dihasilkan per produk bakal lebih terasa, dan yang terpenting kulit wajah Anda tidak akan kusam karena kesalahan pemakaian.

Urutan Pemakaian Skincare di Pagi Hari

Di pagi hari, penggunaan skincare berguna untuk melindungi dan menjaga kulit wajah dari paparan sinar matahari dan polusi udara. Berikut adalah urutan pemakaian skincare di pagi hari

1. Cleanser

Produk perawatan kulit pertama yang harus digunakan untuk urutan skincare pagi hari adalah cleanser, alias sabun pembersih wajah. Menggunakan cleanser ini bermanfaat untuk membersihkan wajah dari residu yang tersisa saat Anda tidur di malam hari, karena secara tidak sadar kulit wajah akan mengeluarkan minyak yang menempel di bagian pipi atau dahi. Jadi, menggunakan cleanser atau oil-based cleanser yang akan membuat kulit lebih lembap.

2. Toner

Tahap selanjutnya untuk urutan skincare pagi adalah penggunaan toner. Nah, mungkin Anda bertanya-tanya sebenarnya apa sih guna dari toner setelah menggunakan cleanser? Jika cleanser membersihkan wajah dari luar, maka toner akan membantu menghilangkan bakteri sampai di celah pori-pori. Salah satu bakteri yang membandel adalah komedo atau jerawat kecil. Selain itu, guna toner adalah mempersiapkan kulit wajah untuk pemakaian skin care selanjutnya.

Baca JugaTips Wajah Tampak Cerah Sepanjang Hari

3. Serum

Serum wajah adalah salah satu produk skin care yang sangat aktif dalam membersihkan dan membuat wajah Anda jadi lebih cerah. Guna utama dari serum wajag adalah menghilangkan masalah kulit seperti keriput, kulit kusam, jerawat, atau adanya noda di wajah. Dikarenakan serum ini harus bekerja dari dalam, itulah mengapa sebelum menggunakan serum Anda harus menggunakan toner terlebih dahulu agar pori-pori kulit wajah sedikit terbuka.

4. Pelembap

Terakhir, Anda bisa menggunakan pelembap untuk melembabkan kulit atau tabir surya di pagi hari agar untuk membantu melindungi kulit dari radiasi sinar UV ketika melakukan aktivitas. Apapun tipe kulit wajah Anda, entah itu tiper kulit berminyak, kering, sensitif, atau bahkan sudah lembap, Anda tetap wajib menggunakan pelembap agar kulit wajah segar terus sepanjang hari. Perlu di perhatikan tetap gunakan produk perawatan kulit sesuai dengan jenis kulit Anda.

Baca juga: Kenali Bentuk Perawatan Untuk Kulit Kering Sehari-Hari

Urutan Pemakaian Skincare di Malam Hari

Selain mencuci muka dengan sabun pembersih wajah atau facial foam untuk menghilangkan dan mengangkat sisa kotoran dan minyak setelah beraktifitas seharian. kita tetap harus memakai skincare di malam hari untuk menjaga dan merawat kulit wajah. Berikut adalah urutan pemakaian skincare malam.

1. Make up Remover

Make up remover atau pembersih muka wajib menjadi hal pertama yang harus Anda lakukan. Pemakaian kosmetik dalam jangka waktu yang lama akan membuat kulit Anda kesulitan untuk bernapas dan membuat bakteri penyebab jerawat semakin menempel.

Baca juga: Perawatan Tubuh secara Alami yang Dapat Anda Lakukan sebelum Tidur

2. Cleanser dan Facial Toner

Selanjutnya, sama seperti urutan penggunaan skin care di pagi hari, Anda bisa menggunakan cleanser dan juga facial toner untuk membersihkan sisa-sisa kosmetik yang menempel. Jika Anda merasa dengan cuci muka sudah membersihkan kosmetik, Anda salah besar karena menggunakan makeup remover ini tidak bisa membersihkan sampai pori-pori.

3. Serum

Selanjutnya menggunakan serum wajah. Dalam beberapa kasus, Anda bisa menggunakan serum pagi dan malam yang berbeda, tergantung kondisi wajah. Jika kulit wajah Anda kusam atau berjerawat, Anda bisa menggunakan dua jenis serum yang berbeda.

Baca juga: 7 Manfaat Almond Oil untuk Wajah Yang Lebih Sehat

4. Pelembap

Terakhir, Anda bisa menggunakan pelembap. Sebelum menggunakan pelembap, Anda bisa menggunakan eye cream (krim mata) atau produk skin care lain sesuai dengan masalah kulit wajah. Hal yang terpenting adalah selalu akhiri penggunaan skin care dengan pelembap.

Sekarang Anda tak perlu lagi bingung dan sampai salah urutan dalam menggunakan skin care sesuai urutan yang tepat. Urutan pemakaian skin care yang benar tersebut akan membantu Anda. Semoga bermanfaat, ya!

Sumber:

  • Fimela. 30 Oktober 2017. Begini Tahapan Pakai Produk Skin Care Pagi dan Malam yang Benar, Udah Tahu?. https://www.fimela.com/beauty-health/read/3775030/begini-tahapan-pakai-produk-skin-care-pagi-dan-malam-yang-benar-udah-tahu
  • Widya Citra. 10 Januari 2019. Jangan Keliru, Begini Urutan Pakai Produk Skin Care yang Benar Sesuai Aturan. https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/urutan-pemakaian-skin-care/
  • Mega Saraswati. 28 Agustus 2018. 10 Urutan Skincare yang Benar Bikin Wajahmu Makin Glowing. https://klubwanita.com/urutan-skincare-yang-benar
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Mei 31, 2022
Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Mei 31, 2022
Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Mei 30, 2022

Comments are closed.