5 Urutan Skincare Pagi Untuk Kulit Berjerawat

urutan skincare untuk kulit berjerawat

Masalah kulit berjerawat sudah pasti mengganggu penampilan Anda. Untungnya telah tersedia berbagai produk skincare yang dapat digunakan dalam mengatasi salah satu masalah kulit wajah paling lazim ini. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda harus mengikuti urutan skincare untuk kulit berjerawat, khususnya perawatan khusus pagi hari.

Untuk mengatasi masalah kulit ini, sebaiknya Anda membangun kebiasaan menggunakan beberapa produk skincare setiap pagi. Jakarta Aesthetic Clinic sudah menyiapkan seluruh langkah-langkahnya hanya untuk Anda di bawah ini.

Urutan Skincare untuk Kulit Berjerawat pada Pagi Hari

Total ada enam urutan skincare yang dapat Anda aplikasikan ke kulit wajah berjerawat setiap pagi hari. Masing-masing urutan ini tentu saja menggunakan produk skincare yang berbeda. Sebaiknya ikuti seluruh langkah ini agar Anda bisa mendapatkan hasil perawatan atas gangguan jerawat pada kulit wajah secara maksimal.

Cleanser

Anda direkomendasikan untuk membersihkan wajah setiap dua kali sehari, termasuk pada pagi hari ketika akan beraktivitas. Pilih krim oil-free cleanser dengan kandungan asam salisilat (salicylic acid) untuk membersihkan wajah Anda 

Memang sekarang semakin banyak produk cleanser yang dijual di pasaran. Namun hindari penggunaan spons atau sikat abrasif ketika membersihkan wajah.

Jika menggunakan alat bantu itu, maka dapat menyebabkan radang kulit dan ruam merah. Gunakan saja telapak tangan Anda seperti biasa.

Toner

Langkah selanjutnya adalah menggunakan toner. Sebenarnya khusus untuk perawatan pagi hari, toner termasuk langkah tambahan yang mampu membantu menghilangkan minyak dan kotoran dari kulit, sekaligus menyeimbangkan kembali pH kulit.

Beberapa produk toner sendiri mampu mengeringkan kulit wajah. Jika kulit Anda terhitung tidak berminyak, sebenarnya tak perlu menggunakan toner

Sama seperti cleanser, gunakan toner yang mengandung asam salisilat agar mampu membersihkan kotoran dari pori-pori. Selain itu cari toner mengandung asam glikolat karena bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit tampak lebih kusam.

Baca juga: Cara Menggunakan Toner yang Benar untuk Hasil Terbaik

Serum

Penggunaan serum tidak hanya pada malam hari saja, tetapi juga bisa pada pagi hari. Khususnya jika Anda menggunakan serum Vitamin C.

Serum ini mampu melindungi kulit Anda dari peradangan serta kerusakan yang disebabkan radikal bebas pada siang hari. Sekaligus juga untuk mencerahkan kulit dan memudarkan bintik-bintik gelap sepanjang waktu.

Bisa dibilang serum memegang peranan penting dalam memperbaiki kondisi kulit jerawat. Jika kulit Anda sensitif, maka pemilihan waktu penggunaan pada pagi hari sangatlah disarankan. 

Sunscreen

Beraktivitas di luar ruangan pada siang hari membuat kulit Anda sangat mudah terpapar sinar matahari. Sayangnya sinar matahari pada siang hari tidak membawa manfaat apapun bagi kulit, malah bisa merusak kondisinya.

Perlindungan UPF yang tepat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit. Anda bisa menggunakan sunscreen dengan kandungan niacinamide anti-inflamasi. 

Oleskan sunscreen setiap Anda akan beraktivitas ke luar rumah sebagai pelindung dari sinar UVA dan UVB yang diproduksi sinar matahari. Kondisi kulit Anda bisa tetap sehat terjaga walaupun sering terkena sinar matahari secara berkala.

Baca juga: Penting! Ini Dia Urutan Pemakaian Skin Care yang Benar!

Spot Treatment

Mungkin Anda sedikit bingung mengapa ada spot treatment di dalam urutan skincare untuk pagi hari. Namun sebenarnya hal ini perlu dilakukan.

Pada dasarnya pagi hari menjadi waktu paling tepat untuk memberikan spot treatment pada beberapa titik jerawat di wajah. Perawatan ini sangat membantu untuk mengatasi benjolan jerawat, khususnya menggunakan produk yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, dan belerang.

Jika Anda dapat menemukan produk spot treatment dengan kandungan di atas, maka hasil akhirnya menjadi lebih efektif. Peradangan jerawat bisa segera dibersihkan sejak dini.

Moisturizer

Melembapkan kulit Anda menjadi langkah terakhir di dalam urutan skincare untuk kulit berjerawat pada pagi hari. Alasan utamanya adalah produk ini mampu membantu mempertahankan kelembapan serta berfungsi untuk menciptakan penghalang sempurna antara kulit dengan partikel-partikel berbahaya yang didapatkan saat beraktivitas.

Ketika Anda mencuci wajah dan menggunakan toner, maka minyak alami akan hilang. Jika melewatkan penggunaan moisturizer, maka kulit menjadi cepat kering, rentan infeksi, dan tampak kusam.

Anda perlu mendapatkan produk moisturizer terbaik, khususnya yang memiliki kata ‘non-comedogenic’ dalam penjelasan komposisi. Arti dari kata tersebut adalah produk itu cenderung tidak akan menyumbat pori-pori dan berkontribusi dalam pembentukan papula jerawat.

Konsistensi penggunaan seluruh produk skincare di atas memang penting. Namun ketika Anda sudah melakukan seluruh langkah di atas, sekarang sudah waktunya untuk menggunakan berbagai produk makeup favorit agar penampilan Anda semakin bersinar setiap harinya!
Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat untuk Anda. Jakarta Aesthetic Clinic selalu memberikan solusi perawatan kulit wajah terbaik untuk Anda dengan berbagai perawatan, termasuk Anti-Wrinkle Injection. Hubungi kami segera untuk merasakan perawatan wajah dari dokter estetika dan para ahli di Jakarta Aesthetic Clinic.

Sumber:

  • https://www.byrdie.com/adult-acne-routine-4843241 
  • https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a25372431/what-order-to-apply-skincare-products/

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.