Deretan Warna Lipstik sesuai Warna Kulit dan Bentuk Bibir

Warna Lipstik sesuai Warna Kulit dan Bentuk Bibir

Lipstik sudah menjadi rutinitas make-up yang tidak terpisahkan, baik untuk menghadiri acara penting atau sekedar jalan-jalan di sekitar rumah. Pasalnya, lipstik bisa membuat wajah kita terlihat tidak pucat sehingga menunjang kepercayaan diri. Namun, masih ada di antara kita yang bingung memilih warna lipstik sesuai warna kulit dan bentuk bibir.

Kesalahan memilih warna lipstik pernah dialami oleh semua orang, terutama bagi mereka yang masih pemula dalam dunia make-up. Mengaplikasikan make up tidak hanya berbicara tentang teknik yang digunakan, tetapi juga palet warna dan shades yang cocok untuk wajah kita. Salah-salah, penampilan kita akan terlihat menor atau pucat hanya karena pemilihan warna yang tidak sesuai.

Begitu pula lipstik, kita harus memilih shades yang cocok dengan warna kulit kita. Yang harus diketahui, jangan pernah memilih warna lipstik yang hampir mirip dengan warna kulit, karena akan menghasilkan penampilan yang pucat. Selain itu, kita juga harus memastikan agar warna lipstik tidak terlalu terang sehingga tidak terlihat mencolok.

Memilih Warna Lipstik Sesuai Warna Kulit dan Bentuk Bibir

Agar tidak bingung lagi, kami akan memberikan informasi mengenai warna lipstik sesuai warna kulit dan bentuk bibir yang dimiliki. Tentunya, sesuaikan juga dengan fashion atau pakaian yang digunakan agar penampilan kalian tidak terkesan mencolok.

Warna Lipstik yang Cocok untuk Warna Kulit

Ternyata, warna kulit yang kita lihat berbeda dengan warna dasar kulit yang ditentukan oleh gen yang kita miliki, alias undertone. Perbedaan undertone ini harus kita perhatikan, sebab inilah patokan yang lebih sesuai untuk memilih warna lipstik. Ada tiga undertone yang biasa dikenal, yaitu cool, warm, dan neutral undertone. Tak hanya lipstik, mengetahui undertone juga berguna dalam memilih shades produk make up lainnya.

1. Cool Undertone

Orang yang memiliki cool undertone ditandai dengan nadi di pergelangan tangan yang berwarna biru atau jenis kulit yang mudah terbakar. Karena itu, mereka harus memilih lipstik dengan warna kalem atau tidak meriah. 

Untuk lipstik berwarna merah, pilihlah warna merah yang agak gelap, seperti merah ceri, bukan warna merah dengan nuansa jingga. Untuk lipstik nude, kita dapat menggunakan warna pink, pink nude, atau beige taupe untuk tampilan yang lebih soft

Apabila ragu, mereka bisa menggunakan tinted balm yang sesuai dengan warna bibir dan cocok diaplikasikan dengan berbagai penampilan. Belum lagi, tinted balm memiliki khasiat menghidrasi bibir.

2. Warm Undertone

Pemilik warm undertone biasanya ditandai dengan nadi yang berwarna kehijauan dan kulit yang mudah mendapatkan warna tan ketika berjemur. Sama seperti cool undertone, mereka juga cocok dengan warna kulit yang hangat pula.

Ketika memilih lipstik berwarna merah, pilihlah yang agak terang, seperti merah bata atau merah terakota. Lipstik dengan nuansa orange juga membantu menyempurnakan penampilan warm undertone ini. 

Untuk pilihan nude, lebih disesuaikan dengan warna kulit yang terlihat. Apabila warna kulit kita cerah, gunakan warna nude yang agak pucat. Sebaliknya jika warna kulit lebih gelap, gunakan warna nude yang lebih dalam.

3. Neutral Undertone

Sedangkan orang yang memiliki neutral undertone biasanya tidak tergolong dalam kedua ciri di atas. Mereka cocok dengan segala jenis warna lipstik. Untuk kulit putih, kita bisa menggunakan lipstik warna pink, sedangkan untuk kulit berwarna gelap, gunakan warna merah seperti berry. Apabila warna kulit Anda berada di antara keduanya, pilihlah mauve shades.

Warna Lipstik yang Cocok untuk Bentuk Bibir

Tak hanya warna kulit, bentuk bibir pun menjadi pertimbangan dalam menentukan warna lipstik. Berikut ini adalah rekomendasi warna lipstik berdasarkan bentuk bibir yang dimiliki.

1. Bibir tipis

Untuk bibir yang tipis di salah satu bagian atau keduanya, kita bisa menggunakan warna-warna kalem, seperti peach, pink pucat, beige cerah atau warna jingga. Keempat warna itu akan membuat lipstik menjadi lebih tebal dan menonjol.

Jangan gunakan warna merah atau shades lain yang lebih gelap, karena warna itu bisa membuat bibir terlihat tidak menonjol. Gunakan juga lipgloss agar volume bibir pun meningkat.

Baca juga: Cara Menipiskan Bibir Tanpa Operasi yang Aman Dicoba!

2. Bibir Tebal

Orang yang memiliki bibir tebal tidak disarankan menggunakan lipgloss, karena itu bisa membuat bibir semakin terlihat menonjol. Lebih baik gunakan shades matte seperti warna pink yang lembut, warna berry dan mauve, coklat, dan sejenisnya. Selain itu, mereka juga tidak butuh lip liner untuk membuat pola bibir mereka.
Itulah panduan dalam memilih warna lipstik sesuai warna kulit dan bentuk bibir yang bisa diikuti. Untuk yang memiliki bibir terlalu kering, lebih baik menggunakan lipbalm atau produk pelembab bibir lainnya sehingga lipstik bisa lebih tahan lama digunakan. Untuk Anda yang bingung bagaimana cara membuat kulit tetap awet muda, manfaatkan saja prosedur Anti-Wrinkle Injection yang bisa menghilangkan keriput Anda dari Jakarta Aesthetic Clinic. Dokter spesialis kami akan menangani masalah wajah berkeriput sehingga bisa kembali merasa percaya diri dan terlihat lebih mudah. Hubungi JAC segera untuk melakukan booking dengan layanan ini.

Sumber:

https://www.byrdie.com/best-lipstick-for-skin-tone

https://www.fashionlady.in/particular-lipstick-colors-for-lip-shapes-to-use-glossy-isnt-for-large-lips/74039

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.