Ketahui 7 Cara Menjaga Kesehatan Kulit dari Efek Polusi Udara

Kesehatan kulit adalah cermin dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pasalnya, bagaimana cara menjaga kesehatan kulit dapat berdampak signifikan pada penampilan dan kenyamanan Terlebih lagi, dalam era di mana terus-menerus terpapar polusi udara dan faktor-faktor lingkungan yang merusak, menjaga kesehatan kulit menjadi semakin penting.  Oleh karena itu, dalam artikel ini, JAC akan membahas berbagai cara yang efektif untuk merawat kulit Anda dan melindunginya dari dampak buruk polusi udara. Jadi, mari mulai perjalanan menuju kulit yang sehat, bersinar, dan penuh kepercayaan diri lewat berbagai cara di bawah ini.

Apa Dampak Buruk Polusi Udara pada Kulit?

Sebelum memahami cara menjaga kesehatan kulit dari dampak buruk polusi udara, mari kenali lebih mendalam bagaimana polusi udara dapat merusak kesehatan kulit Anda. Polusi udara adalah masalah serius di berbagai daerah dan dampaknya pada kulit pun bisa sangat mencolok. Berikut beberapa di antaranya:

1. Polusi Udara Membuat Kulit Kusam dan Kering

Polusi udara, terutama di lingkungan perkotaan, seringkali mengandung partikel-partikel mikroskopis yang dapat menempel pada kulit Anda. Ini termasuk debu, asap kendaraan bermotor, polutan kimia, dan partikel polusi lainnya. Ketika partikel-partikel ini menumpuk pada kulit maka dapat menyumbat pori-pori, menghambat aliran udara, dan mengurangi kemampuan kulit untuk bernapas. Akibatnya, kulit Anda menjadi kusam dan kering. Kulit yang kering cenderung mengelupas, dan Anda mungkin mengalami sensasi gatal atau perih. Kondisi ini bisa membuat kulit Anda terlihat tidak sehat dan kehilangan kilau alaminya. Selain itu, pori-pori yang tersumbat juga dapat menyebabkan masalah seperti jerawat dan komedo.

2. Polusi Udara Menyebabkan Penuaan Dini

Polusi udara juga dapat mempercepat proses penuaan kulit. Partikel-partikel polutan dalam udara, terutama radikal bebas, dapat merusak kolagen dan elastin kulit. Kolagen dan elastin sendiri adalah protein-protein yang bertanggung jawab untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Akibatnya, Anda mungkin mulai mengalami tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, dan kehilangan kekenyalan kulit lebih awal daripada yang seharusnya. Selain itu, sinar UV berbahaya dari matahari yang bercampur dengan polusi udara dapat memperburuk kerusakan kulit. Jadi, penting bagi Anda untuk mengambil langkah-langkah perlindungan yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Baca Juga : Ketahui 5 Efek Polusi Udara pada Kulit Wajah dan Cara Mencegahnya

7 Cara Menjaga Kesehatan Kulit dari Dampak Buruk Polusi Udara

7 Cara Menjaga Kesehatan Kulit dari Dampak Buruk Polusi UdaraPolusi udara adalah salah satu masalah lingkungan yang semakin mendominasi kehidupan kita, terutama di lingkungan perkotaan. Dampak buruk polusi udara pada kesehatan kulit bisa sangat signifikan. Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat menjaga kesehatan kulit dari efek merusak polusi udara. Berikut ini adalah delapan cara untuk melakukannya:

1. Rutin Membersihkan Wajah

Debu, kotoran, dan polutan dari udara menempel pada kulit sepanjang hari. Jadi, dengan rutin membersihkan wajah membantu menghilangkan partikel-partikel tersebut, mencegah pori-pori tersumbat, dan mengurangi risiko peradangan. Pilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda, lalu gunakan setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam.

2. Menggunakan Pelembap

Polusi udara dapat membuat kulit kering dan kehilangan kelembaban alaminya. Oleh karena itu, penggunaan pelembap adalah kunci untuk menjaga kulit Anda tetap terhidrasi. Pilih pelembap yang cocok dengan jenis kulit Anda dan pastikan untuk selalu menggunakannya secara teratur. Selain menjaga kulit tetap terhidrasi, pelembap juga membantu menjaga kulit tetap sehat, kencang, dan bercahaya.

3. Menggunakan Sunscreen

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memperburuk kerusakan kulit akibat polusi udara. Jadi penting bagi Anda untuk selalu menggunakan sunscreen dengan SPF yang sesuai dengan kebutuhan kulit setiap kali Anda beraktivitas di luar ruangan. Hal ini akan membantu mencegah kerusakan kulit dan penuaan dini.

4. Menghindari Paparan Langsung dengan Polusi Udara

Usahakan untuk menghindari paparan langsung dengan polusi udara sebisa mungkin. Anda bisa melakukannya dengan mengenakan topi, kacamata, dan masker wajah ketika berada di lingkungan yang terpapar polusi udara. Langkah ini tidak hanya melindungi kulit Anda, tetapi juga saluran pernafasan Anda dari partikel-partikel berbahaya.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat

Perlu Anda ketahui bahwa asupan makanan sangat berperan dalam kesehatan kulit. Makanan kaya akan antioksidan seperti buah-buahan, sayuran, dan ikan berlemak dapat membantu melawan kerusakan yang disebabkan oleh polusi udara. Selain itu, konsumsi air putih yang cukup juga sangat penting untuk menjaga hidrasi kulit Anda. Jangan lupa untuk selalu minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas sehari agar menjaga kesehatan kulit.

6. Mengonsumsi Vitamin

Selain vitamin pada skincare, vitamin dan suplemen tertentu yang dikonsumsi juga bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Beberapa di antaranya seperti vitamin C dan vitamin E yang mengandung antioksidan kuat dan dapat membantu kulit Anda melawan kerusakan. Namun sebelum mengonsumsi suplemen, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan Anda memenuhi kebutuhan tubuh dengan aman.

7. Rutin Menggunakan Skincare

Pilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan gunakan secara teratur. Penuhi kebutuhan nutrisi kulit wajah dengan menggunakan basic skincare seperti toner, serum, dan pelembap agar membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan terlindungi dari dampak buruk polusi udara.

Baca Juga : Ketahui Dampak Polusi Udara bagi Kesehatan Kulit Anda

Skincare AYOM untuk Menjaga Kesehatan Wajah

Skincare AYOM untuk Menjaga Kesehatan WajahSelain langkah-langkah di atas, produk skincare AYOM.id dapat menjadi tambahan yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit Anda. Berikut adalah beberapa produk AYOM yang dapat Anda pertimbangkan:

1. AYOM All Purpose Sunscreen

Penting bagi Anda sebelum beraktifitas di pagi, siang, atau sore hari untuk menggunakan AYOM All Purpose Sunscreen terlebih dahulu. Pasalnya, sunscreen adalah bagian yang tak boleh dilewatkan dari urutan skincare sebab digunakan untuk menjaga kulit terutama dari paparan sinar UVA, UVB, hingga sinar radiasi dari perangkat elektronik. 

2. AYOM C-Serum

Gunakan AYOM C Serum untuk melindungi DNA kulit dari radikal bebas. Tenang saja, produk ini dirancang dengan berbagai bahan alami sehingga aman untuk semua jenis kulit. Serum antioksidan ini juga mampu menjaga wajah dari radiasi sinar matahari, perangkat elektronik, kandungan tertentu yang berbahaya bagi kulit pada kosmetik, serta merangsang pertumbuhan kolagen.

Baca Juga : Inilah 6 Cara Menghilangkan Kerut Halus di Wajah Secara Efektif

3. AYOM Pore Treatment

AYOM Pore Treatment dirancang untuk mengatasi masalah pori-pori yang tersumbat kotoran yang menempel di permukaan wajah. Dirancang dengan propylene glycol dan benzoic acid, produk ini dapat membantu membersihkan pori-pori dari komedo, mengurangi timbulnya jerawat, dan tentunya memperbaiki kerusakan skin barrier. AYOM Pore Treatment mampu membantu menjaga kulit wajah Anda tetap bersih, sehat, dan bebas dari masalah jerawat.

4. AYOM Essential Serum

AYOM Essential Serum adalah serum yang mengandung berbagai bahan aktif yang baik untuk kulit. Ini membantu memperbaiki kerusakan kulit, meratakan warna kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Penggunaan serum ini secara teratur akan membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih sehat dan bercahaya. Dalam dunia yang penuh dengan polusi udara, menjaga kesehatan kulit tentu menjadi suatu keharusan. Apalagi polusi udara dapat membuat munculnya masalah kulit seperti kusam, kering, pori-pori tersumbat, dan penuaan dini. Namun, dengan mengikuti cara menjaga kesehatan kulit yang tepat, Anda dapat merawat kulit agar terhindar dari permasalahan akibat polusi. Ingatlah bahwa kulit adalah lapisan pertama pertahanan tubuh Anda terhadap lingkungan luar, dan menjaga kulit Anda dengan baik akan membantu Anda merasa lebih percaya diri dan sehat. Mulai hari ini untuk memberikan perhatian ekstra pada kulit Anda.  Dalam hal ini Anda mungkin tidak akan langsung mendapatkan kondisi wajah yang sempurna, mulus, tanpa masalah apa pun, tetapi kesehatan kulit yang optimal karena perawatan yang tepat tentu akan membantu menjaganya tetap tampil maksimal. 

JAC Banner
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.