Cek Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Efektif

Bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan dan telah berniat menguranginya, tentu akan mendapati berbagai kesulitan dan tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi jika Anda telah menentukan target semisal seminggu atau sebulan harus mencapai angka tertentu, maka diperlukan upaya yang lebih besar dalam mewujudkannya. Melalui artikel ini, Anda akan mendapati beberapa cara menurunkan berat badan secara alami.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Satu hal yang perlu Anda sadari bahwa kunci utama dari mengurangi berat badan adalah mengatur pola makan sehat dan mengendalikan asupan kalori. Kedua hal tersebut harus dibarengi dengan peningkatan aktivitas fisik.

Jika kedua hal tersebut dapat Anda jalankan secara konsisten, tidak mustahil berat badan ideal bisa tercapai. Setelah itu, perubahan gaya hidup dan kebiasaan makan perlu diperhatikan agar berat badan yang berhasil turun bertahan lama.

Untuk melihat lebih jauh, di bawah ini sejumlah tips menurunkan berat badan secara alami, cepat dan aman.

1. Jangan Melewatkan Sarapan

Melewatkan sarapan tidak akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Anda bisa kehilangan nutrisi penting dan mungkin akan lebih banyak makan camilan sepanjang hari karena perut terasa lapar.

Menu sarapan dengan gizi yang seimbang akan memberikan tubuh energi yang dibutuhkan untuk melewati hari. Akibat tidak sarapan, Anda mungkin memulai hari dengan energi yang kosong. Akibatnya, keinginan untuk ngemil pada siang atau malam hari pun meningkat.

Usahakan untuk sarapan dengan asupan tinggi protein dan karbohidrat kompleks, seperti: telur, nasi merah, roti gandum dengan selai kacang atau alpukat, atau yoghurt tawar tanpa pemanis dengan buah beri.

 

Baca juga: 5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

 

2. Hindari Makanan Cepat Saji

Program penurunan berat badan dalam waktu singkat akan sangat percuma jika Anda masih suka ngemil makanan tak sehat alias makanan instan. Inilah musuh utama dari setiap orang yang hendak menjalankan program diet.

Oleh karena itu, Sebaiknya Anda menjauhi makanan seperti gorengan, junk food, dan berbagai cemilan tak sehat lainnya.

2. Olahraga Secara Rutin

Jelas menjadi kewajiban siapa saja yang mau menurunkan bobot badan dalam waktu cepat. Olahraga berarti aktivitas fisik. Bukan semata olahraga sebagai aktivitas yang dipahami untuk ruang dan waktu tertentu seperti lari, renang, dan sebagainya. Artinya, Anda mesti membiasakan tubuh selalu aktif bergerak dan beraktivitas.

Selain itu, atur jadwal yang ideal antara waktu olahraga secara konvensional. Anda mesti tetap memasukkan aktivitas olahraga secara konvensional ini dalam seminggu. Yang penting bukanlah berapa lama Anda berolahraga, tetapi intensitasnya.

Semisal, berlari cepat selama 7 atau 10 menit setiap pagi. Bukan berlari santai atau jogging. Dan akan sangat bagus jika anda malah membiasakan diri untuk bergerak ke mana-mana dengan jalan kaki.

3. Minum Air Mineral yang Banyak

Tubuh manusia normalnya terdiri dari 60% air. Artinya, air berperan penting pada hampir setiap fungsi tubuh. Melansir dari laman Healthline, air minum dapat membantu menurunkan berat badan.

Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan bekerja lebih baik dalam membakar lemak tubuh. Air putih juga berperan besar dalam detoksifikasi sehingga tubuh bisa lebih segar dan kuat. Jika menjalankan program diet ketat, sebelum bersantap biasakan minum air putih segelas besar karena bisa menekan rasa lapar.

4. Konsumsi Makanan Berserat

Salah satu syarat penting bekerjanya program penurunan bobot badan adalah sistem pencernaan yang sangat bagus. Hal ini hanya dapat dimungkinkan melalui makan makanan berserat.

Adapun jenis makanan berserat bisa kita jumpai di semua jenis buah dan sayuran, roti gandum, nasi merah, pasta, dan kacang-kacangan. Maka dari itu, selalu masukkan jenis makanan kaya serat ini dalam program diet ketat Anda.

 

Baca juga: 8 Makanan yang Bikin Gemuk, Hindari Jika Mau Langsing!

 

5. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup juga sangat penting untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur hingga 55 persen lebih memungkinkan untuk terkena obesitas, dibandingkan dengan orang dengan tidur yang cukup.

Perlu Anda ketahui bahwa nafsu makan kita sebenarnya dikendalikan oleh neurotransmitter, yakni pembawa pesan yang membuat sel saraf saling berkomunikasi. Pembawa pesan otak ini terdiri atas ghrelin dan leptin. Ghrelin meningkatkan rasa lapar, sedangkan leptin menimbulkan sensasi kenyang.

Bila Anda kurang tidur, maka kadar neurotransmitter ini akan tidak seimbang. Akibatnya, rasa lapar atau keinginan untuk makan di tengah malam meningkat.

 

Baca juga: 10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Jarang Orang Ketahui!

 

6. Jangan Makan Malam

Kenapa? Karena setelah jam-jam tersebut, kondisi tubuh cenderung beristirahat alias kurang aktif lagi dibandingkan di waktu pagi dan siang hari. Bagaimana dengan yang terbiasa makan di malam hari? Mau tak mau harus mengubah pola bersantapnya.

Kalau kondisi perut lapar, padahal sudah bersantap di sore hari, Anda bisa memilih buah seperti apel sebagai gantinya.

7. Perbanyak Makan Buah-buahan dan Sayuran

Konsumsi lebih banyak buah dan sayur merupakan cara aman untuk menurunkan berat badan. Selain itu, pola makan kaya buah dan sayur mengurangi risiko penyakit kronis. Meski termasuk diet rendah kalori, bukan berarti Anda harus makan lebih sedikit.

Buah dan sayuran mengandung air dan serat yang akan menambah volume piring makan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sama dan mengenyangkan, tetapi asupan kalori yang lebih sedikit.

 

Baca juga: 4 Menu Diet Buah dan Sayur yang Nikmat, Sudah Coba?

 

8. Mengurangi Asupan Gula Tambahan

Menjalani diet dan pola hidup sehat seringkali digagalkan oleh makan makanan yang mengandung banyak gula tambahan. Padahal gula telah dikaitkan langsung dengan beberapa sumber penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2 hingga kanker.

Maka dengan mengurangi asupan gula tambahan, Anda dapat menurunkan berat badan dengan cepat sekaligus menghindari resiko penyakit kronis tersebut.

9. Mengelola Stres

Melansir dari laman Medical News Today, stres dapat memicu pelepasan hormon yang awalnya menurunkan nafsu makan sebagai bagian dari respons tubuh untuk melawan. Namun, ketika orang berada di bawah tekanan konstan, kortisol dapat tetap berada di aliran darah lebih lama yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa menerapkan program intervensi manajemen stres selama 8 minggu bisa menghasilkan penurunan yang signifikan dalam indeks massa tubuh anak-anak dan remaja yang kelebihan berat badan atau obesitas.

10. Berpuasa

Berpuasa atau yang dikenal dengan istilah intermittent fasting bisa menjadi cara alternatif dalam menurunkan berat badan. Anda bisa mencoba metode berpuasa jangka pendek selama 16 jam dan makan hanya selama 8 jam setiap hari.

Metode ini jika dilakukan secara konsisten mendorong Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori dan menurunkan berat badan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa puasa intermiten, yang berlangsung hingga 24 minggu, membantu menurunkan berat badan seseorang dengan berat badan berlebih (overweight).

 

Seseorang yang sedang menjalani program diet ketat dengan target singkat akan rentan dengan berbagai distraksi. Dan kondisi tersebut bisa memicu kegagalan dalam mencapai target penurunan bobot badan.

Semua langkah dan tips akan percuma jika tak punya komitmen dan menjalankannya secara disiplin. Jadi, semuanya dimulai dari diri anda yang hendak menerapkan cara menurunkan berat badan secara alami.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan secara cepat dan efektif namun tetap aman dan tanpa rasa sakit, Anda bisa coba mengikuti slimming program di Jakarta Aesthetic Clinic. Dengan prosedur Cryolipolysis, sel-sel lemak yang ada dibawah kulit akan dibekukan hingga kemudian mati dan luruh bersamaan dengan sistem pembuangan tubuh tanpa mempengaruhi jaringan lain.

Anda bisa konsultasikan terlebih dahulu masalah yang anda miliki kepada kami agar kami dapat memberikan solusi terbaik bagi Anda. Gratis! Klik disini untuk menghubungi kami.

 

 

Sumber rujukan:

  • https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/cara-menurunkan-berat-badan/
  • https://health.kompas.com/read/22L05123000068/7-cara-untuk-menurunkan-berat-badan-secara-alami?page=all
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.